Gejala dan Penyebab Penyakit Meningitis

Gejala dan Penyebab Penyakit Meningitis

Gejala dan Penyebab Penyakit Meningitis. Meningitis adalah peradangan pada selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulangg belakang, yang secara keseluruhan disebut meningess. Peradangan dapat disebabkan oleh infeksi viruss, bakteri, atau mikroorganismee lain juga, dan meskipun jarang dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentuu. meningitis dapat menyebabkan kematian akibat radang otak dan sumsum tulang belakang; sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai darurat medis.

Tanda Tanda Dan Gejalanya Penyakit Meningitis

Pada orang dewasa, gejala yang paling umum dari meningitis adalah sakit kepala yang parah, yang terjadi pada hampir 90% kasus meningitis bakteri, diikuti oleh kaku kuduk (ketidakmampuan untuk bergerak leher ke depan karena adanya peningkatan dalam nada dan kekakuann leher otot).
Triad klasik dari tanda-tanda meningitis adalah leherr kaku, demam tinggi tiba-tiba, dan perubahan status mentall; Namun, ketiga fitur ini hanya muncul pada 44-46% kasus meningitis bakteri.Jika tidak ada tiga gejala tersebut, dapat dikatakan meningitis.

Baca juga : Gejala Penyakit Kanker Otak dan Solusi Pengobatannya

Karakteristik lainnya yang terkait dengan meningitis termasuk fotofobia (intoleransi terhadap cahaya terang) dan phonophobia (intoleransi terhadap suara kerass). Pada anak-anakk, gejala yang disebutkan di atas sering tidak terlihat, dan hanya dapat rewel dan terlihat tidak sehat.  fontanel (bagian lunak di bagian atas kepala bayi) dapat menonjol pada bayi berusia sampai dengan 6 bulan. Karakteristik lain dari meningitis dari penyakit lain yang tidak berbahaya bagi anak-anak yangg sakit kaki, kaki tangan dingin, dan warna kulit yang tidak normal.

Kaku leher terjadi pada 70% pasien dengan meningitis bakteri pada orang dewasa. Tanda-tanda lain dari meningismus adalah “Kernig” atau “Brudzinski menandatanganii” positif. Untuk pemeriksaan “Kernig” meletakkan pasien terlentang, dengan pinggul dan lutut ditekuk membentuk sudut 90 derajat. Pada pasien dengan “Kernig” positif, rasa sakit akan membatasi ekstensi lutut pasif. The “Brudzinski” positif ketika fleksi fleksi leher lutut dan panggul yang tidak disengaja. Meskipun “Kernig” dan “tanda Brudzinski” sering digunakan untuk diagnosiss meningitis, sensitivitas tes terbatas. Namun, kedua pemeriksaan ini memiliki spesifisitas yang baik untuk meningitis: Tanda ini jarang pada penyakit lain. Tes lain, yang dikenal sebagai “sentakan aksentuasi manuver” membantu menentukan apakah ada meningitis pada pasien mengeluh demam dan sakit kepalaa. Orang-orang diminta untuk mengubah kepalanya ke arah horisontal dengan cepat; jika sakit kepala tidak bertambah buruk, itu berarti tidak meningitis.

Baca juga : Obat Herbal Alami Penyakit Kanker Otak

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis (dikenal sebagai “meningitis meningokokus”) dapat dibedakan dari jenis lain meningitis jika ruam menyebar ruam petekie cepat, yang mungkin terjadi sebelum timbulnya gejala lain.Ruam formulir ini dan banyak bintik-bintik kecil , tidak teratur merah atau ungu (“petechiae”) di dalam tubuh, kaki bagian bawah, selaput lendir, konjungtiva, dan (kadang-kadang) telapak tangan dan telapak kaki. Ruam biasanya tidak pucat; Warna merah tidak pudar bila ditekan dengan jari atau batang kaca. Meskipun ruam tidak selalu hadir dalam meningitis meningokokus, ruam cukup spesifik untuk meningitis meningokokus; tapi kadang-kadang ruam juga dapat terjadi pada meningitis yang disebabkan oleh bakteri lainnya lain.Ciri dapat membantu menentukan penyebab meningitis adalah tanda kulit yang disebabkan oleh penyakit tangann, kaki dan mulut dan genital herpes, yang keduanya terkait dengan beberapa bentuk meningitis viral.

Baca juga : Obat Herbal Saraf Otak

Penyebab Meningitis

Meningitis sering disebabkan oleh infeksi oleh mikroorganisme. Kebanyakan infeksi disebabkan oleh viruss, dengan bakteri, jamur, dan protozoa sebagai penyebab paling sering berikutnya. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh berbagai penyebab non-infeksi.

Istilah meningitis aseptik mengacu pada kasus meningitis yang tidak dapat menunjukkan keterlibatan infeksi bakteri. Jenis meningitis biasanya disebabkan oleh virus, tapi situasi ini juga bisa terjadi jika sebagian besar infeksi bakteri telah diperlakukan sebelumnya, ketika bakteri menghilang dari meninges, atau patogen menginfeksi daerah dekat dengan meninges (misalnya sinusitis). Endokarditis (infeksi katup jantung kelompok kecil bakteri menyebar melalui aliran darah) dapat menyebabkan meningitis aseptik. Aseptic meningitis juga dapat timbul dari infeksi spirochete, jenis bakteri yang termasuk Treponema pallidum (penyebab sifilis) dan Borrelia burgdorferi (dikenal sebagai penyebab penyakit Lyme).

Meningitis dapat ditemukan di malaria serebral (malaria menginfeksi otak) atau meningitis amubikk, meningitis yang disebabkan oleh infeksi seperti Naegleria fowleri amuba, yang diperoleh dari sumber air tawar.

Baca juga : Obat Herbal untuk Penyakit Stroke Ampuh 

Tidak ada komentar

Posting Komentar