Langsung ke konten utama

Gejala dan penyebab kista ginjal

Gejala dan penyebab kista ginjal - Kista ginjal adalah kantong, biasanya berbentuk bulat atau oval, berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Kondisi ini mungkin terkait dengan kelainan serius yang bisa mengganggu fungsi ginjal di dalam tubuh.

Sebagian besar kasus kista ginjal bersifat jinak atau tidak menyebabkan kanker dan jarang sekali terjadi komplikasi akibat kondisi ini. Kista ginjal jenis ini dikenal dengan istilah kista ginjal sederhana.

Kista ginjal sederhana biasanya tidak memunculkan tanda atau gejala, dan tidak memerlukan pengobatan. Oleh karena itu, kista ginjal sederhana umumnya terdeteksi saat dilakukan tes pencitraan untuk kondisi medis lainnya. Pada umumnya hanya ada satu kista yang muncul di dalam ginjal. Penyebab kista ginjal sederhana hingga kini masih belum bisa dipastikan.

Selain kista ginjal sederhana, terdapat juga penyakit ginjal polikistik. Ini adalah kondisi adanya beberapa kista yang muncul di ginjal. Kista jenis ini juga tidak menimbulkan kanker atau bersifat jinak. Penyakit ginjal polikistik biasanya merupakan penyakit keturunan.

Gejala dan penyebab kista ginjal


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit ini lebih baiknya kita mengetahui Gejala dan penyebab kista ginjal ini.

Gejala Kista Ginjal


Kista ginjal sederhana biasanya tidak menimbulkan tanda atau gejala tertentu. Gejala akan muncul ketika kista tumbuh cukup besar, yaitu:

  • Terjadinya infeksi yang menimbulkan demam, menggigil, atau gejala infeksi lainnya.

  • Rasa sakit atau nyeri yang muncul pada punggung, bagian samping (antara tulang rusuk dan pinggul), atau perut bagian atas jika kista mengalami pembengkakan dan menekan organ lainnya.

  • Sering buang air kecil.

  • Darah dalam urine atau urine berwarna gelap.

  • Fungsi ginjal yang menurun, meski ini jarang sekali terjadi.


Berikut ini adalah gejala yang terjadi pada penyakit ginjal polikistik.

  • Sakit pada salah satu atau kedua ginjal karena terjadinya pembengkakan.

  • Terdeteksinya protein dalam urine.

  • Darah dalam urine, kondisi ini bisa muncul dan menghilang karena salah satu atau beberapa kista mengalami pendarahan.

  • Batu ginjal yang bisa menimbulkan rasa sakit parah saat terdapat batu menghalangi ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih). Jika batu berukuran kecil maka tidak akan menimbulkan gejala sama sekali.

  • Hipertensi.

  • Infeksi ginjal yang muncul kembali.

  • Muncul rasa sakit dan/atau pembengkakan pada bagian perut.


Penyebab Kista Ginjal


Gejala dan penyebab kista ginjal sederhana masih belum dipahami sepenuhnya. Ketika dinding lapisan ginjal mulai melemah dan terbentuk kantong, kantong tersebut akan terisi cairan hingga terlepas dan menjadi kista. Ini adalah salah satu teori yang diduga menjelaskan munculnya kista ginjal.

Penyakit ginjal polikistik sendiri merupakan penyakit keturunan. Penyebabnya terdapat satu atau beberapa gen yang cacat di dalam tubuh, sehingga memunculkan kista di dalam ginjal.

Terdapat faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kista ginjal. Faktor usia dan jenis kelamin termasuk diantaranya. Orang yang berusia di atas 50 tahun mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami kista ginjal sederhana.

Jika Anda mengalami Gejala dan penyebab kista ginjal di atas yang mungkin terkait dengan kista ginjal, Anda disarankan segera menemui dokter.

Diagnosis Kista Ginjal


Berikut ini adalah tes yang dilakukan untuk membantu mendiagnosis kista ginjal:

  • Tes Pencitraan
    Diagnosis terhadap kista ginjal biasanya terjadi secara kebetulan melalui tes pencitraan untuk memeriksa kondisi medis lainnya karena biasanya kista ginjal tidak memunculkan tanda atau gejala apa pun. Tes pencitraan yang bisa mendeteksi adanya kista ginjal adalah ultrasound, CT scan, dan MRI. Dengan tes pencitraan, dokter bisa menentukan apakah ada kista atau tumor pada ginjal.

  • Tes Darah
    Sampel darah akan diambil untuk dilakukan pengujian di laboratorium guna mengetahui apakah kista ginjal yang muncul memengaruhi fungsi ginjal secara umum.

  • Tes Urine
    Sampel urine akan diambil untuk dilakukan pengujian, apakah terdapat kandungan darah atau protein di dalam urine.


Komplikasi Kista Ginjal

Berikut ini adalah beberapa komplikasi yang mungkin muncul akibat kista ginjal, yaitu:

  • Kista meletus. Jika kista ginjal meletus, kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang cukup parah pada bagian punggung atau bagian samping, yaitu antara tulang rusuk dan panggul.

  • Kista terinfeksi. Jika kista ginjal mengalami infeksi, Anda bisa mengalami rasa sakit dan demam.

  • Gangguan buang air kecil. Jika Anda mengalami sumbatan yang disebabkan oleh kista ginjal, kesulitan buang air kecil bisa terjadi dan dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal.

  • Gagal ginjal. Ginjal berfungsi membersihkan material sampah dari tubuh dan menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia di dalam tubuh. Ketika mengalami gagal ginjal, berarti fungsi ginjal Anda sudah rusak. Penyakit ginjal polikistik bisa menyebabkan kondisi ini.

  • Hipertensi. Penyakit ginjal polikistik bisa meningkatkan risiko Anda mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi karena ginjal memiliki peranan penting dalam mengendalikan tekanan darah. Jika Anda mengalami hipertensi, maka risiko terjadinya serangan jantung dan stroke juga meningkat.


Pengobatan Kista Ginjal


Kista ginjal mungkin tidak memerlukan penanganan khusus apabila kondisi ini tidak menyebabkan gejala atau tanda-tanda terganggunya fungsi ginjal di dalam tubuh. Terkadang, kista ginjal sederhana bisa menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Dokter akan menyarankan Anda melakukan tes pencitraan secara rutin, hal ini dilakukan untuk memantau apakah terjadi pembengkakan dari kista yang ada. Dan ketika muncul tanda-tanda dan gejala akibat kista ginjal, sebaiknya Anda segera menjalani pengobatan.

Jika Anda mengalami kista ginjal, disarankan untuk menghindari olahraga yang melibatkan kontak fisik. Ginjal yang bengkak rentan mengalami cedera, meski dalam kondisi normal hal ini jarang sekali terjadi. Anda juga disarankan melakukan tes pencitraan, tes tekanan darah, dan tes darah secara rutin untuk memonitor fungsi ginjal.

Konsultasikan kepada dokter sebelum Anda mengonsumsi obat bebas maupun obat resep tentang kondisi ginjal Anda. Terutama, Anda sebaiknya menghindari obat-obatan pereda sakit dan antiinflamasi, seperti ibuprofen, indometacin, dan beberapa jenis obat-obatan lain karena bisa memperparah fungsi ginjal. dikutip dari alodokter.com

Obat herbal Kista Ginjal adalah K-Muricata, Amazon Berries dan Amazon Plus.

Testimoni obat herbal kista ginjal


Ibu Nur Septiadiningsih (41) atau yang akrab disapa Ibu Nur menderita penyakit kista di ginjal. Penyakitnya diketahui setelah menjalani pemeriksaan dokter di sebuah rumah sakit di Kota Bandung, Jawa Barat. Sambil minum obat dokter, Ibu 3 anak ini mencoba pengobatan herbal dengan konsumsi K-Muricata. “Syukur alhamdulillah, kista di ginjal saya belum besar, masih tahap awal, dan saya yakin bisa sembuh,” ujarnya.
Pilihannya tepat dengan K-Muricata. Ibu Nur membeli 1 paket pengobatan dengan mendapatkan 3 kotak K-Muricata dan 1 kotak Amazon Berries inner isi 10 sachet. “Saya disarankan beli paket pengobatan agar minumnya tidak terputus,” tutur PNS di salah satu instansi pemerintah di Kota Bandung ini.

Setelah sebulan lebih 20 hari Ibu Nur minum K-Muricata dan Amazon Berries, dan ketika ia kembali ke dokter, hasil pemeriksaan dokter menyatakan Ibu Nur sudah sehat, kistanya menghilang. Dosis yang diminumnya sehari 2 sachet K-Muricata dan 3 sachet Amazon Berries. “Saya beli lagi paket pengobatan karena paket pengobatan yang pertama sudah habis,” tapi saya beli paket yang 1 kotak K-muricata, 1 kotak Amazon Berries isi 30 sachet dan 1 kotak Amazon Berries inner isi 10 sachet,” ujarnya.

Kepatuhan Ibu Nur dalam mengonsumsi K-Muricata dan Amazon Berries memberinya hasil yang memuaskan. Ia selalu konsultasi dengan konsultan kesehatan herbal dari Bintang Sejagat Internasional. Jadi kami dari obat herbal alami bukan saja menjual produk ajaib K-Muricata dan Amazon Berries, tetapi kami juga memberikan layanan konsultasi kesehatan gratis agar konsumen kami merasa diperhatikan dan ada semangat untuk sembuh.

Kini Ibu Nur tidak berhenti minum K-Muricata dan Amazon Berries. Sehari cukup 1 cangkir K-muricata dan 1 sachet Amazon Berries. Hubungi kami di nomor handphone yang tertera di halaman website kami untuk mendapatkan K-Muricata, Amazon Berries, Amazon Plus dan Bcoffee serta konsultasi gratis perihal kesehatan serta bagaimana reaksi pasca minum K-Muricata, Amazon Berries dan Amazon Plus.

 



kista ginjal kiri, penyebab kista ginjal, kista ginjal kanan, obat herbal kista ginjal, gejala kista ginjal, penatalaksanaan penyakit kista, kista pada hati, Gejala dan penyebab kista ginjal








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab dan gejala jantung bengkak

Penyebab dan gejala jantung bengkak, Penyakit Jantung merupakan penyakit yang paling ditakuti karena dalam sehari ribuan bahkan jutaan orang di dunia meninggal disebabkan penyakit ini. Penyakit jantung akan menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, dari usia dini yang baru lahir sampai dengan orang berusia lanjut.

Sebuah penelitian melaporkan sekitar 46% perempuan lebih berisiko terkena serangan jantung. Meski penelitian tersebut menyebutkan jumlah wanita yang berisiko sakit jantung lebih rendah daripada kaum pria tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan kaum wanita juga terkena serangan jantung.

Terjadinya suatu sumbatan di pembuluh darah akan mengakibatkan tidak adanya aliran darah dan oksigen sampai ke otot jantung, hal inilah yang menjadi penyebab serangan jantung dapat terjadi, termasuk penyakit jantung bengkak.

Penyakit jantung bengkak sendiri merupakan istilah orang awam, dikarenakan dokter dalam menjelaskan diagnosis kepada pasien agar mudah untuk dipahami.
Dalam isti…

Nyeri saat haid, awas Endometriosis akhir

Obat Herbal Murah - Saat pertama kali mendapatkan menstruasi (menarke), kondisi Diyah memang tidak wajar. Ia selalu merasakan nyeri saat haid secara hebat, juga masa haid yang panjang hingga 2 minggu. Beberapa tahun kemudian, Diyah pun didiagnosis dengan endometriosis tahap empat.

Yulisdiyah K. Nuswapadi (36 tahun) adalah salah satu dari sekian banyak pasien endometriosis di Indonesia. Ia tidak menyangka bahwa nyeri haid yang dirasakannya tiap bulan akibat endometriosis yang terus tumbuh hingga membentuk perlengketan di rongga perut.

“Saya pertama haid kelas 1 SMP. Setelah haid pertama sempat berhenti, lalu haid lagi langsung banjir hebat, mens 2 minggu nggak berhenti sampai pakai pembalut 5 tumpuk,” tutur Diyah, mengawali ceritanya tentang pengalaman sebelum didiagnosis endometriosis.

Hal ini disampaikannya dalam acara Konferensi Pers ‘Terobosan Terbaru: Bebas Nyeri Endometriosis!’ di Hotel Le Meridien, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta.

Setiap kali datang bulan, diplomat muda ini selalu did…

Pengalaman sembuh dari kanker serviks

Pengalaman sembuh dari kanker serviks - Obat herbal K-Muricata hasil ekstrak dari daun sirsak pilihan yang dikombinasikan dengan umbi keladi tikus menjadi obat herbal yang paling banyak dikonsumsi oleh penderita kanker, diabetes, darah tinggi dan penyakit berat lainnya saat ini.

K-Muricata teh obat herbal perpaduan antara daun sirsak dan keladi tikus ternyata berbeda dengan teh daun sirsak sejenisnya yang beredar dipasaran. Obat herbal K-Muricata terbukti secara empirik mampu mengatasi penyakit-penyakit berat seperti kanker payudara, kanker darah, kanker kulit, kanker serviks, dan kanker lainnya.

Banyak orang yang sudah berbagi pengalaman sembuh dari kanker serviks dengan mengonsumsi K-Muricata. Semakin banyak orang yang memberikan Pengalaman sembuh dari kanker atau kanker lainnya pasca konsumsi Obat herbal K-Muricata, membuktikan bahwa khasiat obat herbal K-Muricata 10.000 kali lebih ampuh dibandingkan pengobatan kemoterapi. Hal ini berbanding lurus dengan khasiat acetogenins senyawa y…