Langsung ke konten utama

Gejala dan Penyebab Kanker Usus Besar

Gejala dan Penyebab Kanker Usus Besar


Gejala dan Penyebab Kanker Usus Besar

Gejala dan Penyebab Kanker Usus Besar - Usus besar merupakan bagian dari sistem pencernaan yang berfungsi sebagai tempat menampung limbah makanan yang masuk ke sistem pencernaan. Sementara bagian ujung dari usus besar yang berada dekat anus disebut rektum.

Kanker usus besar adalah kanker yang menyerang usus besar yang letaknya berada di bagian bawah sistem pencernaan. Kanker rectal adalah kanker yang terdapat pada beberapa inchi di bagian akhir usus besar. Banyak kasus kanker usus besar dimulai dengan ukuran kecil, benjolan sel jinak yang disebut adenomatous polyps. Polip ini biasanya menyebabkan kanker usus besar.

Kanker usus besar dan rektum (juga disebut sebagai kanker kolorektal) dapat menyerang dan merusak jaringan sekitar usus dan organ lain. Sel-sel kanker juga dapat melepaskan diri dan tersebar ke bagian lain dari tubuh (seperti hati dan paru-paru) membentuk tumor baru.
Setelah tahu arti tentang kanker usus pasti kita akan mencari tahu gejala dan penyebab usus besar itu sendiri.

Gejala dan Penyebab Kanker Usus Besar


Gejala Kanker Usus Besar, Kanker usus besar memiliki gejala antara lain:

  • Perubahan pada kondisi usus, antara lain diare atau konstipasi atau perubahan rutinitas buang air besar yang tidak seperti biasanya

  • Pendarahan pada dubur atau terdapat darah pada feses

  • Ketidaknyamanan pada area perut, seperti kejang, kembung atau nyeri

  • Perasaan tidak tuntas ketika buang air besar

  • Lemah

  • Hilang berat badan

  • Anemia

  • Bentuk kotoran (feses) yang panjang dan kecil mirip pensil


Penyebab & Faktor Risiko


Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker usus besar. Tetapi dokter meyakini bahwa kanker usus besar terjadi ketika sel normal di dalam usus besar berubah. Sel normal tumbuh dan membelah untuk menjaga tubuh berfungsi secara normal. Tapi terkadang pertumbuhan ini menjadi tidak normal – sel terus membelah bahkan ketika tubuh tidak membutuhkan sel baru.

Penyebab Kanker Usus


Di usus besar dan rectum, pertumbuhan yang berlebihan ini dapat menyebabkan sel pra kanker terbentuk di saluran pencernaan.

Pertumbuhan sel pra kanker di usus besar

Kanker usus besar paling sering dimulai berupa gumpalan polip di dalam saluran usus besar. Polip dapat berbentuk seperti jamur. Polip juga dapat tidak menonjol atau tersembunyi di dinding usus besar. Polip jenis ini lebih sulit untuk di deteksi. Pengangkatan kedua jenis polip tadi sebelum mereka menjadi kanker dapat mencegah terjadinya kanker usus besar.

Mutasi gen bawaan yang meningkatkan risiko kanker usus

Mutasi gen bawaan yang meningkatkan risiko kanker usus dapat diturunkan dalam keluarga, tetapi ini hanya merupakan sebagian kecil penyebab kanker usus besar. Beberapa sindrom kanker usus antara lain:

Familial adenomatous polyposis (FAP)
FAP adalah penyakit langka penyebab ribuan polip di saluran usus besar dan rectum. Orang yang memiliki FAP dan tidak terawat memperbesar risiko kanker usus besar sebelum usia 40.

Hereditary nonpolyposis colorectal cancer (HNPCC)
HNPCC yang juga disebut Lynch syndrome meningkatkan risiko kanker usus besar dan kanker lain.Orang dengan HNPCC cenderung terkena kanker usus besar sebelum usia 50 tahun.

Faktor risiko Kanker usus


Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker usus besar antara lain:

  • Berusia tua

  • Memiliki catatan pribadi dengan kanker usus atau polip

  • Memiliki radang pada saluran pencernaan

  • Sindrom genetik yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, seperti familial adenomatous polyposis dan hereditary nonpolyposis colorectal cancer, yang juga dikenal dengan Lynch syndrome.

  • Sejarah keluarga dengan kanker usus besar atau polip pada usus besar

  • Makan makanan rendah serat dan tinggi lemak

  • Gaya hidup yang pasif

  • Diabetes

  • Obesitas

  • Merokok

  • Mengkonsumsi alkohol

  • Terapi radiasi untuk kanker


Cara Pencegahan Kanker Usus


Untuk mencegah timbulnya risiko kanker kanker usus atau kanker kolorektal, disarankan untuk menjalankan pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi dan berprotein tinggi. Mengurangi sumber utama lemak seperti daging merah telur, produk susu, saus salad, dan lemak jenuh dari hewani.

Sebagai penyeimbang, buah-buahan, sayuran, roti gandum utuh dan sereal yang mengandung serat harus dikonsumsi.

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dalam pola makan diharapkan menyingkirkan karsinogen yang terbentuk dalam kotoran besar.

Pengobatan Kanker usus :


Ada beberapa cara yang dilakukan untuk pengobatan terapi pasien penderita kanker usus atau kanker kolorektal. Pasien dapat dioperasi jika kanker mudah ditemukan dan dapat diobati. Operasi adalah pengobatan yang paling umum untuk kanker usus besar. Selama operasi, tumor, sebagian kecil dari usus yang sehat di sekitarnya, dan kelenjar getah bening yang berdekatan akan dipotong. Dokter bedah akan menghubungkan bagian usus yang sehat, pada pasien dengan kanker dubur, rektum secara permanen akan dipotong.

Sementara radioterapi/radiasi hanya digunakan untuk tumor pada rektum, dan dapat diberikan setelah operasi untuk membersihkan sel kanker yang masih tersisa. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan kemoterapi yang berfungsi untuk menghancurkan sel kanker agar tidak berkembang biak. Ada juga terapi fokus sasaran (targeted therapy), yaitu dengan antibodi monoklonal yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh alamiah untuk menyerang sel kanker.

Pengobatan kanker usus Secara Herbal

Obat herbal tidak hanya berkhasiat menyembuhkan gejala penyakit, tetapi juga menghilangkannya hingga ke akar penyebabnya. Hal ini karena efek obat herbal bersifat holistik (menyeluruh) sehingga tidak hanya berfokus pada penghilangan penyakit tapi juga pada peningkatan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Untuk Penyakit kanker usus atau kanker kolorektal kami anjurkan dengan K-Muricata Obat herbal penyakit Kanker.

Baca: Obat herbal kanker usus K-Muricata

K-Muricata sangat bermanfaat untuk penyembuhan beberapa penyakit akut dan berbahaya seperti stroke, tumor, dan 14 jenis kanker, termasuk termasuk kanker usus atau kanker kolorektal.

K-Muricata adal obat herbal kanker yang terbuat dari ekstrak daun sirsak pilihan dan umbi keladi tikus yang diolah secara Modern.

Harga Teh K-Muricata obat kanker

1 box = Rp. 600.000,-

  • 1 box isi 30 sachet

  • Harga belum termasuk ongkos kirim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab dan gejala jantung bengkak

Penyebab dan gejala jantung bengkak, Penyakit Jantung merupakan penyakit yang paling ditakuti karena dalam sehari ribuan bahkan jutaan orang di dunia meninggal disebabkan penyakit ini. Penyakit jantung akan menyerang siapa saja baik pria maupun wanita, dari usia dini yang baru lahir sampai dengan orang berusia lanjut.

Sebuah penelitian melaporkan sekitar 46% perempuan lebih berisiko terkena serangan jantung. Meski penelitian tersebut menyebutkan jumlah wanita yang berisiko sakit jantung lebih rendah daripada kaum pria tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan kaum wanita juga terkena serangan jantung.

Terjadinya suatu sumbatan di pembuluh darah akan mengakibatkan tidak adanya aliran darah dan oksigen sampai ke otot jantung, hal inilah yang menjadi penyebab serangan jantung dapat terjadi, termasuk penyakit jantung bengkak.

Penyakit jantung bengkak sendiri merupakan istilah orang awam, dikarenakan dokter dalam menjelaskan diagnosis kepada pasien agar mudah untuk dipahami.
Dalam isti…

Nyeri saat haid, awas Endometriosis akhir

Obat Herbal Murah - Saat pertama kali mendapatkan menstruasi (menarke), kondisi Diyah memang tidak wajar. Ia selalu merasakan nyeri saat haid secara hebat, juga masa haid yang panjang hingga 2 minggu. Beberapa tahun kemudian, Diyah pun didiagnosis dengan endometriosis tahap empat.

Yulisdiyah K. Nuswapadi (36 tahun) adalah salah satu dari sekian banyak pasien endometriosis di Indonesia. Ia tidak menyangka bahwa nyeri haid yang dirasakannya tiap bulan akibat endometriosis yang terus tumbuh hingga membentuk perlengketan di rongga perut.

“Saya pertama haid kelas 1 SMP. Setelah haid pertama sempat berhenti, lalu haid lagi langsung banjir hebat, mens 2 minggu nggak berhenti sampai pakai pembalut 5 tumpuk,” tutur Diyah, mengawali ceritanya tentang pengalaman sebelum didiagnosis endometriosis.

Hal ini disampaikannya dalam acara Konferensi Pers ‘Terobosan Terbaru: Bebas Nyeri Endometriosis!’ di Hotel Le Meridien, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta.

Setiap kali datang bulan, diplomat muda ini selalu did…

Pengalaman sembuh dari kanker serviks

Pengalaman sembuh dari kanker serviks - Obat herbal K-Muricata hasil ekstrak dari daun sirsak pilihan yang dikombinasikan dengan umbi keladi tikus menjadi obat herbal yang paling banyak dikonsumsi oleh penderita kanker, diabetes, darah tinggi dan penyakit berat lainnya saat ini.

K-Muricata teh obat herbal perpaduan antara daun sirsak dan keladi tikus ternyata berbeda dengan teh daun sirsak sejenisnya yang beredar dipasaran. Obat herbal K-Muricata terbukti secara empirik mampu mengatasi penyakit-penyakit berat seperti kanker payudara, kanker darah, kanker kulit, kanker serviks, dan kanker lainnya.

Banyak orang yang sudah berbagi pengalaman sembuh dari kanker serviks dengan mengonsumsi K-Muricata. Semakin banyak orang yang memberikan Pengalaman sembuh dari kanker atau kanker lainnya pasca konsumsi Obat herbal K-Muricata, membuktikan bahwa khasiat obat herbal K-Muricata 10.000 kali lebih ampuh dibandingkan pengobatan kemoterapi. Hal ini berbanding lurus dengan khasiat acetogenins senyawa y…